Postingan

SISTEM INDUKSI UDARA

Gambar
  SISTEM INDUKSI UDARA   Sistem induksi udara atau pemasukan udara pada mesin-mesin EFI memiliki konstruksi yang tidak jauh berbeda kecuali pada mesin EFI tipe L yang mempunyai air flow meter sebelum menuju intake chamber . A.     EFI Tipe D Udara mengalir ke dalam mesin melalui saringan ( air cleaner ), throttle body , air intake chamber , intake manifold dan masuk ke ruang bakar. B.      EFI Tipe L   Gambar 1. Skema alir sistem induksi udara KONSTRUKSI DAN CARA KERJA KOMPONEN A.     Throttle Body Throttle body terdiri dari : throttle valve yang mengatur volume udara masuk selama mesin bekerja normal. By pass circuit yang mengalirkan udara selama putaran idle . Throttle position sensor yang mendeteksi sudut bukaan katup gas ( throttle valve ). Air valve yang berfungsi mengontrol kecepatan idle ketika suhu mesin masih dingin. Beberapa mesin ada yang dilengkapi dashpot agar throttle saat menutup dapat kembali dengan lembut.   Gambar 2. Throttle

Cara Kerja Sistem Pelumasan Pada Engine dan Mekanisme

Gambar
A. Cara Kerja Sistem Pelumasan Saat kondisi normal, oli terkumpul pada bak oli atau karter yang terletak pada bagian paling bawah mesin. Sementara itu, pompa oli memiliki input yang digerakan dari engkol mesin. Umumnya pompa ini menggunakan rotary pump. Agar lebih jelas simak gambar sistem pelumas berikut ·          Ketika mesin start, poros engkol akan memutar pompa oli akibatnya terjadi sedotan pada bagian inlet hose oil pump. ·          Oli masuk kedalam pompa melalui inlet valve dan pada sisi lainnya oli ditekan oleh pompa. ·          Oli bertekanan tersebut mengalir melalui jalur oli masuk kedalam filter oli. ·          Didalam filter, oli disaring dari berbagai kotoran dan kerak. ·          Setelah disaring, oli kemudian disalurkan melalui oil feed menuju bagian atas mesin dan ke oil jet. ·          Sampai diatas mesin, oli secara otomatis akan melumasi poros cam dan rocker arm selanjutnya oli kembali ke carter melalui saluran oli disamping blok silinder. ·         

Peralatan Gambar

Gambar
Gambar Teknik Otomotif KD 3.1 Mengenali Berbagai Jenis Peralatan Gambar Teknik Otomtif KD 4.1 Memilih Peralatan dan Kelengkapan Gambar Teknik Otomotif Materi BAB I : q Peralatan Gambar o Macam – Macam Pensil Gambar o Tingkat Kekerasan Pensil Gambar o Penggunaan Pensil gambar 1. Macam – Macam Pensil Dalam pembuatan gambar teknik menggunakan dua jenis pensil, yaitu : § Pensil Kayu      Pensil kayu memiliki pensil yang menyatu dengan batang pensil       berupa kayu. § Pensil Mekanik       Pensil mekanik memiliki pensil yang dapat diganti ulang apabila      telah habis. v Pensil Biasa (Pensil Kayu) Pensil kayu merupakan   pensil yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pensil perlu diraut terlebih dahulu dengan membentuk sudut keruncingan sekitar ±30 °. Pensil ini memiliki tingkat kekerasan yang tertera dibadan pensil, seperti : HB atau F, H, 2H, 2B, 3H dan lain lain. v Pensil Mekanik Pensil Mekanik merupakan jenis pensil yang