CONTOH LAPORAN PKL - MODEL PROYEK
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
PELAKSANAAN PENGELASAN PADA PROYEK PEMBUATAN
........ /
PELAKSANAAN PEMBUATAN WEB ........
Laporan ini diajukan untuk memenuhi
salah satu Kelulusan Tahun Pelajaran 2020/2021
Oleh :
KELOMPOK A
1. SATU
2. DUA
3. TIGA
YAYASAN AL-IHYA KUNINGAN
SMK AL-IHYA SELAJAMBE
TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF
Jalan
Lapang Gintung No.09 Desa/ Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan JAWA BARAT
45566
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
ini telah diteliti, dipelajari dan disetujui
Oleh Pembimbing dari SMK Al-Ihya
Selajambe
Sebagai syarat untuk Kelulusan
Tahun Pelajaran 2020/2021
Ketua PKL, ..................................... |
|
Pembimbing
PKL, ....................................... |
Kepala SMK
Al-Ihya Selajambe, ................................................. |
Mengetahui, |
Kepala
Program Keahlian, ........................................... |
MOTTO
Ø Mencari
ilmu bisa dari mana saja, kapan saja, dan dimana saja.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah S.W.T atas segala petunjuk dan karunianya sehingga kami dapat menyusun laporan kerja pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan sebagai sebuah pola pendidikan yang dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan.
Dalam rangka meningkatkan mutu tamatan SMK yang meliputi kemampuan kerja dan
sikap profesional, serta jumlah tamatan yang sesuai dengan kebutuhan dunia
kerja, maka SMK Al-Ihya Selajambe melakukan pendekatan pembelajaran yang
melibatkan Dunia Usaha/ Dunia Industri melalui kegiatan Praktik Kerja Lapangan
(PKL).
Dalam penyusunan laporan ini penyusun banyak mendapatkan bantuan dan masukan
dari banyak pihak maupun bimbingan dan pengarahan yang sangat bermanfaat.
Penyusun secara khusus mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1. Bapak
............... selaku Kepala ...................... yang telah memberikan
naungan dalam proses pembuatan laporan PKL.
2. Bapak
............... selaku Kepala Program ....................... yang selalu
memberikan arahan terkait kegiatan PKL yang dilaksanakan disekolah dengan model
proyek kerja.
3. Bapak
................. selaku ketua ketua PKL tahun ajaran 2020/2021 yang telah
memberikan arahkan terkait pelaksanaan kegaiatan PKL.
4. Bapak
..................... selaku pembimbing lapangan dalam pengerjaan proyek.
5. Segenap
Bapak dan Ibu Guru serta karyawan SMK ..........................
6. Teman –
teman satu kelompok yang telah berjuang bersama menyelesaikan kegiatan proyek
ini sampai dengan selesai.
7. Kedua Orang
Tua dan segenap Keluarga.
Selajambe, Maret 2021
Penyusun,
DAFTAR ISI
Lembar
Pengesahan dari Sekolah
Moto
Kata
Pengantar
Daftar Isi
Daftar
Gambar
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
B. Ruang
Lingkup
C. Tujuan
Penulisan
D. Metode
Penyusunan
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengertian
umum
B. Komponen
utama
C. Prinsip
kerja
D. Jenis-jenis
E. Diagram
kelebihan komponen
F. Diagram
kekukarangan komponen
BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN
A.
Perhitungan umum
B.
Perhitungan data
C.
Tabel hasil perhitungan
BAB IV PENUTUPAN
A.
Kesimpulan
B.
Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
Gambar 3.1
Gambar 3.2
Gambar 3.3
Gambar 3.4
Gambar 3.5
Gambar 3.6
Gambar 3.7
Gambar 3.8
Gambar 3.9
Gambar 3.10
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pelaksanaan
pendidikan dan pelatihan di SMK meliputi proses pembelajaran dan pembimbingan
di sekolah serta proses pelatihan kerja di dunia kerja yang sesungguhnya.
Proses pembelajaran di sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi akademis
dan kepribadian peserta didik agar menjadi sumber daya manusia indonesia yang
memiliki ke pribadian sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, menguasai ilmu
pengetahuan dan teknologi agar mampu mengembangkan dirinya sesuai dengan
tuntunan perkembangan IPTEK.
Proses
pelatihan kerja di dunia kerja dilakukan agar peserta didik menguasai
kompetensi yang terstandar pada bidangnya, mengembangkan dan menginternalisasi
sikap profesionalisme sebagai tenaga kerja yang berkualitas unggul.
Atas dasar
itulah maka kegiatan pendidikan dan pelatihan di SMK harus melibatkan Dunia
Usaha/ Dunia Industri sebagai Institusi Pasangan yang dapat
berperan aktif untuk mendukung ketercapaian tujuan pendidikan SMK, di antaranya
melalui kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
Simulator
kelistrikan adalah merupakan suatu konstruksi pendukung pada pekerjaan kelistrikan
dan biasanya terbuat dari berbagai komponen. Berbagai material dapat digunakan
namun pemilihan jenisnya harus mempertimbangkan dari segi teknis dan nilai
ekonomis serta nilai kualitas.(dibuat sesuai pekerjaan
proyek masing”)
Berdasarkan
cara pengerjaannya Simulator kelistrikan dapat dibentuk secara konvesional yang
langsung dikerjakan dilapangan maupun sistem pabrikasi atau merupakan
pengembangan dari sebuah sistem yang mudah di pasang, kuat, awet dan mudah
dibongkar.(dibuat sesuai pekerjaan proyek masing”)
Dari
penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Simulator kelistrikan adalah sebuah
konstruksi non permanent yang mampu mendukung dalam pekerjaan kelistrikan
ataupun praktik kelistrikan, dengan demikian Simulator kelistrikan berperan
penting dalam proses kegiatan kelistrikan.(dibuat
sesuai pekerjaan proyek masing”)
B.
Ruang Lingkup
Ruang likup
ini meliputi kegiatan-kegiatan kami selama melaksanakan PKL, Kami mendapatkan
banyak sekali ilmu/pengetahuan baru yang belum kami temui/pelajari sebelumnya.
Selama kami PKL kami dapat mengenali cara kerja, cara menggunakan alat dengan
benar dan agar berhati-hati dalam menggunakan alat tersebut, mengenal juga
berbagai alat/kendaraan dll. Dengan melaksanakan tugas tersebut kami
mengerti dan dapat pengetahuan baru, dan kami sangat berterima kasih kepada
pembimbing lapangan kami.
C.
Tujuan Penulisan
Berdasarkan
jumlah kegiatan dan pengumpulan data-data yang dilakukan oleh penulis selama
melaksanakan PKL, maka tujuan penulisan Laporan PKL tersebut adalah :
1. Untuk
Belajar Pelaksanaan pembuatan simulator kelistrikan
Selain tujuan diatas penulisan laporan juga
mengajarkan siswa untuk bertanggung jawab terhadap apa yang pernah dikerjakan
dan dilakukannya. Penulisan laporan juga mengajarkan pada siswa untuk belajar
mendeskripsikan segala sesuatu yang pernah dilakukannya.
D.
Metode Penyusunan
Selama saya
melaksanakan PKL, saya mengumpulkan data dari hasil PKL dari tanggal 15 Februari
– 15 Maret 2021. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam penyusunan laporan
serta teknik pengumpulan data yang baik, sehigga data yang diperoleh dapat
membuktikan kebenarannya. Adapun penyusunan laporan ini berdasarkan data-data
yang diperoleh dari :
1. Observasi
Melihat tempat dan mempraktekan
secara lansung cara melaksanakan Prakerin.
2. Wawancara (Interview)
Dalam hal ini saya mengadakan
wawancara secara langsung mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan
penyusunan laporan, baik dengan instruktur atau non instruktur.
3. Metode Partisipasi Dalam Tugas Rutin
Yaitu ikut mengerjakan tugas-tugas
yang diberikan segingga penyusun mengetahui bagaimana kegiatan yang ada pada
objek penulisan yang diteliti.
4. Browsing Internet
Hal ini dilakukn oleh penyusun untuk
melengkapi kekurangan dan menambah data dengan mencari data (Browsing)
dalam media internet untuk mendapatkan data-data yang diperlukan.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.
Pengertian umum
B.
Komponen utama
C.
Prinsip kerja
D.
Jenis-jenis
E.
Diagram kelebihan komponen
F.
Diagram kekurangan komponen
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.
Perhitungan umum
B.
Perhitungan data
C.
Tabel hasil perhitungan
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
Komentar
Posting Komentar